Belajar HTML Part 1: Pengertian HTML

Belajar HTML Part 1: Pengertian HTML



Halo kawan-kawan,
Dalam artikel kita kali ini, kita akan memelajari pengertian HTML.
Jika kawan-kawan ingin membangun sebuah website maka HTML adalah lagkah awal yang wajib dipelajari. HTML merupakan dasar dari semua halaman web yang kita lihat di Internet.

Pengertian HTML


HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.
Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa yang dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text tersebut.
Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, atau dengan menggunakan tanda lainnya akan mengubah warna teks. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag. Yang mendasari fungsi HTML sebagai penanda bagian-bagian sebuah halaman.

Jadi, dapat disimpulkan HTML adalah bahasa dasar pembuatan sebuah web. Untuk memanipulasi HTML agar tampilan web tidak terkesan hambar, kita membutuhkan bahasa lainnya yaitu JavaScript dan PHP.


Demikian dulu artikel tentang pengertian HTML, dalam artikel belajar HTML selanjutnya kita akan belajar tentang Fungsi Web Browser.

Belajar HTML Secara Lengkap Disini:
1. Tutorial HTML Bagian 1
2. Tutorial HTML Bagian 2