Tutorial Text HTML Part 8: Cara Menampilkan Karakter Khusus ke dalam HTML

Tutorial Text HTML Part 8: Cara Menampilkan Karakter Khusus ke dalam HTML


Halo Kawan-kawan,
Pada pembahasan-pembahan sebelumnya, jika teliti maka kawan-kawan akan sering menemui kode semacam ini “&lt;” atau “&gt;” dan hasil kodenya jika ditampilkan kedalam web browser akan menjadi seperti ini “<” dan “>”, inilah salah satu contoh penggunaan karakter khusus dalam HTML.

Beberapa kode tidak bisa ditulis secara langsung pada HTML seperti halnya tanda kurung siku diatas, karena pada dasarnya tanda kurung siku berfungsi internal dalam HTML sebagai tanda pembuka tag. Adapula beberapa kode lain yang tidak dapat ditampilkan secara langsung dalam kode HTML. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang “Cara Menampilkan dan Memasukkan Karakter Khusus ke dalam HTML”.


Cara Menampilkan Karakter Khusus ke dalam HTML


Untuk memasukkan karakter-karakter khusus ke dalam HTML, kita harus men-‘escape’ karakter tersebut. Istilah escape maksudnya bahwa dari pada menulis sebuah karakter secara langsung, kita bisa menggantinya dengan angka atau referensi yang merujuk kepada karakter tersebut.

Dalam HTML, terdapat 2 cara untuk men-‘escape’ karakter, yaitu dengan menggunakan penomoran angka (numeric entity), dan menggunakan singkatan untuk karakter (named entity). Kedua cara ini ditulis dengan karakter ‘&’ pada awal penulisan, dan diakhiri dengan karakter ‘;’.

Berikut Tabel Contoh Penggunaan Karakter Khusus Dalam HTML


Untuk Jelasnya Mari Langsung Saja Perhatikan Kode dibawah:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Cara Menampilkan Karakter Khusus</title>
</head>
  
<body>
<h3>Saya sedang belajar HTML di &copy; Nusantara Coding &#174; &trade;</h3>
<p>Dalam tutorial kali ini, kita akan belajar untuk menampilkan karakter-karakter khusus, perhatikan code ini dan lihat hasilnya di web browser:<br/>
<ul>
<li>Tanda kurung siku dalam HTMl dituis sebagai berikut "&lt;" dan "&gt; atau "&#060;" dan "&#062;"</li>
<li>Tanda Ampersand ditulis sebagai berikut "&amp;" atau "&#038;"</li>
<li>Untuk Code yang lain kawan-kawan dapat coba sendiri</li>
</ul>
</p>
</body>
  
</html>

Hasil Code:


Untuk list lengkap karakter-karakter khusus dalam HTML, anda bisa melihatnya di situs Web Standars Project di www.webstandards.org/learn/reference/charts/entities/


Belajar HTML Secara Lengkap Disini:
1. Tutorial HTML Bagian 1
2. Tutorial HTML Bagian 2